Sabtu, 02 Mei 2015

Dear Diary

Mungkin sebagian dari kita masih kenal sama yang namanya nulis diary. Jaman SMP-SMA, saya seneng banget nulis diary. Segala cerita hari itu biasanya saya tulis malem di buku diary. Dari cerita biasa sehari-hari saya ngapain aja sampe cerita ketemu cowok gebetan pas sepulang sekolahpun pasti ditulis di diary ini. Misalkan hari itu ada kejadian lucu di sekolah, saya pasti udh gak sabar pengen cepet-cepet nulis di diary. Kalo lagi gak banyak cerita ya paling cuma butuh selembar, tapi kalo udah cerita banyak bisa habis berlembar-lembar halaman diary. Seingat saya, saya punya sampe 3 lebih buku diary, dan salah satunya buku diary yang ada kuncinya, hahahahaaaaa iya, ada kuncinya, kalo dipikir-pikir ngapain juga buku pake dikunci, ya mungkin jaman itu saya ga pengen cerita-cerita saya dibaca oleh orang lain, biasalah abege labil, pengen maen rahasia-rahasiaan gitu.
Pernah pas udah kerja, saya mudik kampung, saya nemu salah satu buku diary jaman smp deh kalo gak salah. Saya baca-baca lagi, iiihh najis banget deh ceritanya, saya yang udh gede inipun ngerasa kok bisa ya saya nulis gitu. Kejadian-kejadian yang dulu saya anggap penting bisa jadi cheesy bgt pas saya udah gede gini (ciieee...gede apa tua, neng?). Malu ama diri sendiri pas baca2 kejadian-kejadian jaman dulu. Kadang di beberapa lembar terselip puisi-puisi yang saya tulis. Ato guntingan gambar boybands idola saya pas jaman SMP.
Penasaran deh, jaman sekarang masih ada gak ya abege seumuran saya dulu, SMP-SMA, yang masih nulis diary, secara ya sekarang jaman udah canggih, media sosial udah banyak macemnya. Facebook, twitter, path instagram, bahkan status bbm yang bisa dipakai sebagai sarana curhat. Gak perlu nunggu duduk di meja belajar buat nulis diary, baru kejadian aja sdh bisa langsung apdet status bbm. Bete sama seseorang bisa langsung cuap-cuap di facebook. Kadang pake nyindir-nyindir #nomention segala tapi sebenernya pengen banget dibaca sama seseorang. Eheemmm ehemmm...ini berdasarkan pengalaman sendiri :p
Tetapi, buat saya hakekatnya tetep beda ya antara nulis di diary dan curhat di media sosial. Yang namanya diary itu kan kita gak pernah ngarep dibaca sama orang lain, saking gak pengen ketahuan kita nulis apa sampe beli diary yang ada gemboknya, cuman gak nemu aja dulu diary yang ada petinya skalian pake passcode buat buka. Nah kalo koar-koar di media sosial kan otomatis apa yang kita tulis itu akan dibaca oleh orang-orang yang ada di lingkungan pertemanan kita di. Ini nih yang sering bikin saya gak habis pikir, ato mungkin dulu saya juga pernah ngelakuin ya, cm sekarang sudah insap kali ya, hahahahaaa...nulis sesuatu, misal di facebook, yang menurut saya ini seharusnya tidak ditulis di sini, karena mengandung aib orang lain, ato ada seseorang yang akan tersinggung dengan tulisan tsb, entahlah saya juga bingung yang nulis ini sadar gak ya kalo media sosial ini bukan diary. Gak semua apa yang ada di otaknya tuh bisa dibuka-buka di sana. Mungkin karena hidup di jaman serba canggih sampe-sampe gak kenal sama yang namanya diary.
Hahahahaaa tapi gak gitu juga kali ya..
Saya rasa orang-orang yang seperti itu sadar kok akan apa yang mereka tulis, tapi mungkin agak sedikit lupa bahwa hal-hal yang mengandung aib orang lain hendaknya tidak ditulis di media sosial, karena dengan membuka aib orang lain itu gak bikin kita jadi tambah suci lho. Yang ada malah orang lain yang ngebaca tulisannya jadi gak respect karna isinya jelek-jelekin orang mulu.
Gak semua orang tau dan sadar bahwa ada hal-hal yang seharusnya gak kita sebar di sebuh media sosial. Gak semua foto-foto yang kita anggap menarik kita bisa sebar di wall. Gak semua berita-berita bisa kita share dengan gampangnya. Emang sih gampang tinggal klik tombol share, maka tersebarlah berita itu. Tetapi apa pernah mikir bagaimana reaksi yang membaca, apakah nanti akan timbul perdebatan ato gak, apa ada yang tersinggung dengan berita tsb ato ga, ya gak tau ya kalo emang tujuannya emang buat bikin sesorang ato sesepihak tersinggung, itu lain lagi ceritanya.
Trus filternya dari mana untuk tau mana hal yang kita anggap boleh ato ga boleh ditulis di media sosial? kalo menurut saya sih cm satu ya, pokoknya pas lagi mikir mo apdet sesuatu, otak sama dengkul jangan ketuker. Itu aja.

Semoga saya akan selalu inget pernah nulis ini, jd bisa mikir dulu kalo mau bikin status, dan semoga otak sama dengkul saya lagi gak ketuker pas mau publish tulisan ini.

Jadi kangen nih nulis diary lagi nih

^^V

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger
Diberdayakan oleh Blogger.

© 2011 Me, My self and The Universe, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena