Rabu, 13 Maret 2013

Jalan-Jalan ke Malaysia

Awal bulan maret 2013, saya dan si kecil meyusul Pak Suami ke Malaysia. Kebetulan Pak suami tugas disana sudah hampir 3 minggu. Jadinya, weekend kita nyusul ke sana. Flight ke Kl siang itu terlambat sekitar 1 jam, kita pakai maskapai Lion Air jadi landingnya di KLCC, jika pakai Air Asia landingnya di LCCT. Dari bandara kita naik kereta KLIA express menuju KL Sentral. Perjalanan dari bandara ke KL Sentral hanya memakan waktu 28 menit saja. Dengan tiket RM35 untuk dewasa, dan RM15 untuk anak-anak diatas 2 tahun.

Saya akui, dibandingkan dengan Jakarta, transportasi umum di Kuala Lumpur jauh lebih bagus. Jalur kereta dan monorail tersedia dengan akses yang sangat mudah dan sangat murah dan yang penting bebas macet. Sesampainya di KL Sentral, Pak Suami membelikan saya kartu Touch n Go, kartu yang bisa dipakai untuk naik semua angkutan umum di KL, mulai dari kereta, monorail hingga bus.

Kami tinggal di Hotel Frenz di dekat stasiun Bandaraya. Hotelnya lumayan bersih, pelayanannya pun ramah, hanya saja menu sarapannya itu-itu saja. Untuk yang 5 hari tinggal di situ lumayan membosankan. Gak kebayang Pak suami yang hampir 3 minggu di sana, hihihi :)

Beberapa tempat yang dikunjungi selama di Malaysia:

GENTING
Berbekal informasi dari internet, dan tulisan para blogger, serta Pak Suami yang hari itu libur, kami bertiga pergi ke Genting. Kami ke Genting dengan menggunakan bis GO Genting, tiket yang sudah dibeli seminggu sebelumnya di KL sentral adalah tiket terusan (Paket) seharga RM60 per orang. Paketnya adalah bis PP KL-Genting-KL, Skyway (kereta gantung) PP dan free masuk ke Outdoor theme park/free lunch (pilih salah satu).

Disarankan untuk berangkat pagi ke sana, karena kalau terlalu siang maka antrian untuk naik skyway akan sangat panjang. Perjalanan dari KL Sentral ke stasiun skyway ditempuh sekitar 1,5 jam. Yang paling menarik adalah ketika naik skyway, pemandangan pegunungan yang masih diselimuti kabut meskipun sudah jam 10 siang yang bisa dilihat dari kereta gantung sangat menarik, dan sedikit menengangkan buat saya :p Perjalanan skyway sekitar 15 menit, dari kejauhan sudah bisa dilihat hotel-hotel di sana yang masih diselimuti kabut. Cuaca lumayan dingin, sangat disarankan memakai pakaian yang cukup tebal agar tidak kedinginan.

Outdoor theme park Genting mirip dengan Dufan di Jakarta. Ada banyak mainan yang menantang adrenalin, tetapi karena saya dan Pak Suami sudah kapok sama Dufan, jadilah kita main di wahana yang aman-aman saja :p Jangan kawatir kelaparan, di sana banyak sekali cafe dan restoran.

Karena bis ke KL jam 4 sore, maka satu jam sebelumnya kami sudah siap2 menuju stasiun skyway, takutnya antri dan ketinggalan bus.

TWIN TOWER PETRONAS (wajib iniiihh)
TWIN TOWER

Yup, berasa gak ke KL kalo gak ke sini, hihihi.. Harus pose dengan latar belakang twin tower. Sayangnya kami gak naik ke menaranya. Akses ke ke sangat mudah, kita turun di KLCC, di situlah Twin Tower berada. Selain kantor Petronas, ada Suria Mall. Mall nya keren banget, foodcourt nya luas, dan mencari makanan halalpun tidak susah, karena beberapa tenant memasang logo halal. Dan satu lagi yang bikin nyaman jalan-jalan di mall ini, nursing room & baby's changing room nya luas, ada area bermainnya juga.

Setelah puas foto-foto, kami duduk-duduk di taman depan Petronas, tamannya luas dengan banyak tempat duduk dan ada sebuah kolam besar dengan air mancur seperti song of the sea di Sentosa Island Singapura.

AQUARIA KLCC

AQUARIA
Aquaria ini semacam sea world ya. Tinggal berjalan kaki melewati tunnel dari Suria mall untuk ke sini. Dengan tiket RM50 (adult) kita bisa melihat koleksi ikan dan beberapa serangga dan ular. Karena si kecil masih belom 3 tahun, jadi masuknya masih gratis. Koleksi ikannya lumayan banyak, dan kita bisa melihat beberapa atraksi seperti feeding time yang jadwalnya bisa kita lihat di sini

CENTRAL MARKET - PASAR SENI

CENTRAL MARKET
Yaaayyy....waktunya belanja oleh-oleh. Di central market ini, toko-tokonya diatur sangat rapi, meskipun namanya "pasar" tapi tempatnya jauh sekali dari kesan jorok. Suasananya adem, tempat makannyanya enak, dan satu lagi hal penting buat para emak-emak rempong yang bepergian dengan balita, yak apalagi kalo bukan baby's changing room. Di sini tersedia ruangan ini, dan sangat bersih. Letaknya di dalam toilet perempuan. Dan sepertinya sangat rela ya meskipun harus membayar RM1, tapi kita dapat fasilitas toilet yang bersih.

Di samping central market juga terdapat Kasturi Walk, kios-kiosnya sih sama saja dengan yang di dalam gedung, hanya saja meskipun terletak di luar, tapi suasananya tetap adem, karena ada atap yang didesain dengan unik.

Sebenarnya masih ada beberapa tempat yang ingin dikunjungi selama di Malaysia, tetapi apalah daya, karena membawa si kecil, ritme jalan-jalannya harus mengikuti ritme si kecil. jadi sehari kadang hanya bisa ke satu tempat karena si kecil harus bobok siang dulu, atau masih mau berlama-lama bermain di satu tempat. So far, jalan-jalan ke Malaysia kali ini sangat menyenangkan, dan suatu hari semoga ada kesempatan untuk ke sana lagi :)

Menu yang menurut saya wajib dicoba di sini adalah teh tarik, saya beberapa kali mencoba teh tarik di beberapa tempat selama di sini, dan rasanya hampir sama, enaaakk. Gak lupa membeli Old Town White Coffee langsung di tempat asalnya.

Tidak lupa juga saya mampir ke Cocoa Boutique yang ada di sebelah MATIC (Malaysia Tourism Center) Cukup berjalan kaki dari petronas ke arah Jalan Ampang. Di sana ada aneka coklat, sebelum membeli kita boleh mencicipi aneka coklat sambil mendengarkan pelayan yang menjelaskan tentang coklat. Saya tertarik membeli coklat durian dan white coklat strawberry. Rasanya enaaakkk, duriannya berasa banget.

Perjalanan pulang ke Jakarta dengan Lion Air lagi, dan terlambat lagi, hahahahaaa jadi sudah biasa telat :p So, Malaysia, we'll be back, Amin :)